Masukan dan Saran ASPEBINDO terkait Krisis Pasokan Batubara

ASPEBINDO menyampaikan apresiasi serta dukungan terhadap langkah tegas pemerintah melalui surat resmi ke Dirjen Minerba dengan tembusan ke KESDM, Komisi VII DPR RI, PT PLN, Kemenkeu RI, Kemenhub RI , Kemendag RI mengenai kebijakan penghentian sementara ekspor batubara demi pemenuhan pasokan energi nasional. Oleh karena itu ASPEBINDO memberikan beberapa saran dan masukan sebagai berikut :

1. ASPEBINDO memandang diperlukannya perbaikan tata niaga proses bisnis batubara yang mampu mengakomodir dan mengatur ekosistem bisnis yang telah ada.

2. Pemerintah perlu memberikan perlakuan yang sesuai pada pengusaha berdasarkan kelas dan jenisnya (PKP2B/IUP-OP) serta diperlukan adanya reformulasi bisnis bagi yangkontrak kerjasamanya dengan pemerintah akan habis.

3. Pemerintah perlu hadir sebagai penengah terhadap permasalahan disparitas harga yang terjadi di pasar batubara antara HBA PLN dan Harga Ekspor

4. Pemerintah dapat memberikan insentif berupa kebijakan pajak yang progresif kepada pelaku usaha yang patuh dan mencapai target pemenuhan DMO.

5. Pemerintah perlu memperhatikan kesiapan PLN dalam menerima pasokan batubara ekspor yang tidak bisa dikirimkan.

6. PLN juga perlu menyiapkan blending facility yang mampu menampung jenis batubara yang spesifikasinya selama ini tidak digunakan di pembangkit-pembangkit listrik di Indonesia

7. Term of Payment yang sudah berjalan hari ini perlu lebih menarik bagi pelaku usaha.

8. Perlu diadakan pembinaan bagi pengusaha pemilik izin PKP2B ataupun IUP-OP yang belum memenuhi kewajiban DMO nya. Pembinaan yang dapat diberikan sebagai berikut:
a) Pembinaan dalam bentuk diseminasi informasi terkait kebijakan-kebijakan kepada pengusaha yang belum menunaikan kewajiban DMO nya.
b) Mempermudah akses bagi pengusaha yang belum memiliki kontrak jangka panjang dengan PLN.
c) Memberikan sanksi tegas dan sesuai skala usaha kepada para pengusaha yang kedapatan sengaja mengabaikan kebijakan DMO 25%

Poin-poin diatas merupakan sikap ASPEBINDO sebagai ikhtiar untuk memenuhi pasokan energi nasional serta menjaga iklim bisnis batubara di Indonesia.

Ttd
DPP ASPEBINDO

Leave a Comment

Your email address will not be published.